Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Generatif Kini Tersedia di Google Search

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Generatif Kini Tersedia di Google Search


Google akhirnya mengumumkan kehadiran teknologi Artificial Intelligence (AI) generatif pada mesin pencarinya, Google Search.

Pertama kali diungkapkan dalam acara Google I/O 2023 pada awal bulan Mei, teknologi yang disebut sebagai Pengalaman Pencarian Generatif Google (SGE) kini sudah dapat digunakan oleh sejumlah pengguna di Amerika Serikat yang sudah mendaftar di Search Labs.

Secara sederhana, Google SGE menggabungkan AI Chatbot buatan Google ke dalam pengalaman pencarian Google Search bagi pengguna mereka. Dengan demikian, pengguna akan dapat menemukan jawaban yang lebih komprehensif dan komunikatif ketika memasukkan kata kunci atau pertanyaan di Google Search.

"Dengan masuk ke dalamnya, pengalaman Pencarian yang didukung oleh AI generatif ini akan membantu Anda menyelesaikan beberapa tugas pencarian, sehingga Anda dapat memahami topik dengan lebih cepat, mengungkap sudut pandang dan wawasan baru, serta menyelesaikan berbagai hal dengan lebih mudah. Jadi, alih-alih mengajukan serangkaian pertanyaan dan mengumpulkan informasi sendiri, Pencarian sekarang dapat melakukan sebagian dari tugas berat itu untuk Anda," tulis Google dalam pengumuman di Blog mereka.

Lebih lanjut, Google menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga cara untuk mempermudah pencarian dengan kemampuan AI generatif baru ini. Pertama, mempercepat pemahaman topik baru atau rumit dengan mudah, sehingga membantu pengguna Google Search memecahkan keputusan yang biasanya perlu dipecahkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Sebagai contoh, ketika pengguna memasukkan kata kunci "Belajar ukulele vs gitar" di Google Search, Google Search akan memberikan snapshot yang didukung oleh AI agar pengguna bisa mendapatkan bantuan dalam memahami faktor-faktor apa yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai belajar ukulele dan gitar.

Cara kedua yang ditawarkan oleh Google SGE adalah membantu pengguna Google Search menemukan tips cepat untuk pertanyaan spesifik mereka. Sebagai contoh, ketika pengguna ingin mendapatkan informasi mengenai cara menghilangkan noda kopi yang sudah lama dari sweter wol, mereka hanya perlu memasukkan kata kunci "Bagaimana cara menghilangkan noda kopi lama dari sweter wol?" Maka AI akan memberikan informasinya secara langsung.

Cara ketiga, AI Generatif dapat memaksimalkan Google Search dalam menemukan rangkaian produk dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat pengguna melakukan pembelian.

Misalnya, jika pengguna sedang mencari wallpaper yang dapat dilepas dan dipasang di dapur, mereka cukup memasukkan kata kunci "Wallpaper lepas dan tempel untuk dapur." Nantinya, AI Generatif Google akan menunjukkan berbagai informasi, seperti kemudahan pemasangan, berbagai model pilihan, dan tentu saja informasi harga serta tempat pembelian.

Berbagai kemampuan tersebut dapat dihadirkan karena Google SGE didukung oleh model bahasa besar (LLM) seperti Pathways Language Model 2 (PaLM2) dan Multitask Unified Model (MUM), yang dapat menghasilkan teks bahasa alami dari berbagai sumber informasi.

SGE dapat menjawab pertanyaan kompleks dan multi-langkah dengan menyusun "snapshot" informasi yang relevan dari halaman web yang berbeda dan menampilkannya di bagian atas hasil pencarian. Pengguna juga dapat mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik atau rinci.

Eksperimen ini merupakan langkah awal Google dalam mengintegrasikan AI generatif ke dalam Pencarian. Rencananya, Google akan melakukan banyak pembaruan dan penyempurnaan dari waktu ke waktu.

"Saat kami terus memikirkan cara untuk membuatnya lebih alami dan intuitif dalam menemukan apa yang Anda cari, kami senang Anda dapat menguji kemampuan baru ini dan memberikan umpan balik selama prosesnya," kata Product Lead Google, Soufi Esmaeilzadeh.

Post a Comment for "Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Generatif Kini Tersedia di Google Search"