Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laptop gagal booting? Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi laptop yang gagal booting

5 cara untuk mengatasi laptop yang gagal booting


Masalah yang sering dihadapi pengguna laptop adalah gagalnya proses booting. Saat terjadi masalah ini, pengguna tidak dapat masuk ke sistem operasi (OS) pada perangkatnya.


Jika kamu mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang gagal booting.


Booting adalah proses awal saat laptop atau PC dinyalakan untuk melakukan loading. Saat tombol power ditekan, perangkat yang sebelumnya dalam keadaan mati akan melakukan proses booting.


Namun, jika terjadi gagal booting, laptop akan terjebak pada proses loading dan tidak dapat masuk ke bootscreen atau OS.


Penyebab dari kondisi gagal booting bisa bermacam-macam. Mulai dari sistem operasi perangkat yang sudah usang atau tidak lagi kompatibel, kerusakan sistem, masalah pada komponen hardware, hingga serangan virus pada laptop.


Menurut laman Computer Tech, ada beberapa cara untuk mengatasi laptop yang mengalami gagal booting.


1. Restart laptop

Langkah awal untuk mengatasi masalah laptop yang gagal booting adalah dengan melakukan restart atau memulai ulang sistem.

Kamu dapat mencoba melakukan hard restart dengan menekan tombol power dalam waktu yang lama dan kemudian menunggu hingga laptop menyala seperti biasanya.


2. Cabut Komponen yang Tersambung

Salah satu cara untuk mengetahui penyebab laptop yang gagal booting adalah dengan mencabut komponen atau perangkat yang tersambung pada laptop, seperti USB atau aksesori eksternal lainnya. Sebabnya, masalah booting bisa saja berasal dari runtime, komponen, atau perangkat tambahan yang rusak, yang mengakibatkan laptop gagal booting.


3. Periksa Sumber Daya dan Baterai Laptop

Jika laptop tidak melakukan booting sama sekali setelah dihidupkan, Anda dapat memeriksa sumber daya dan baterainya. Periksa kabel charger, colokan atau konektor, dan pemasangan kabel charger. Selain itu, periksa juga kondisi baterai dengan melepasnya selama beberapa saat sebelum memasangnya kembali. Kemudian coba untuk menyalakan laptop seperti biasa.


4. Aktifkan mode aman dan lakukan pemindaian malware

Gagal booting dapat disebabkan oleh virus. Jika demikian, cobalah untuk mengakses mode aman saat laptop gagal booting.


Setelah itu, jalankan perangkat antivirus dan bersihkan program dan file-file yang ada. Setelah itu, nyalakan kembali laptop.


5. Lakukan instal ulang sistem operasi Windows

Cara lain untuk mengatasi laptop yang gagal booting adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi.

Hal ini dikarenakan, jika terjadi crash atau error, dapat membuat sistem operasi tidak dapat dijalankan atau gagal booting.


Caranya adalah dengan memasuki menu mode aman, kemudian masuk ke Recovery Mode > pilih menu Troubleshoot > lalu reset this PC untuk melakukan instal ulang Windows.


Itulah cara mengatasi laptop yang mengalami gagal booting. Semoga informasi ini bermanfaat!

Post a Comment for "Laptop gagal booting? Berikut adalah 5 cara untuk mengatasi laptop yang gagal booting"