Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesempatan besar bagi Indonesia untuk melakukan transformasi digital

General Manager IBM Asia Pasifik Paul Burton


Transformasi digital sedang diupayakan oleh berbagai pihak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Upaya transformasi digital yang aktif ini diyakini dapat mendukung perkembangan ekonomi digital dan mendapatkan dukungan dari banyak pihak, termasuk pemerintah.


Menurut General Manager IBM Asia Pasifik, Paul Burton, pandemi telah menjadi titik balik bagi organisasi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dan telah mempercepat transformasi digital baik dalam bisnis maupun pemerintahan. Teknologi kini dianggap sebagai sumber keunggulan kompetitif yang mendasar, bukan lagi sebagai biaya dalam berbisnis.


Paul juga menyebut bahwa Indonesia masih berada di tahap awal dalam membangun infrastruktur, tidak hanya data center, tetapi juga teknologi konektivitas pendukung seperti kabel fiber dan koneksi satelit, terutama mengingat kondisi geografi Indonesia yang sulit dengan ribuan pulau yang tersebar di seluruh wilayah.


Meski begitu, jika pekerjaan rumah tersebut dapat diselesaikan dengan baik, IBM meyakini Indonesia memiliki potensi besar untuk meraih manfaat dari transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi digital.


Namun, tantangan yang dihadapi oleh perusahaan di Indonesia bukan hanya terkait dengan geografi dan konektivitas data center, tetapi juga terkait dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan.


Untuk mengatasi masalah ini, IBM berupaya untuk mengembangkan keterampilan dan keahlian generasi muda di bidang komunikasi dan informatika melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) yang diselenggarakan bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).


IBM juga menekankan bahwa pemimpin bisnis perlu menempatkan investasi yang tepat pada teknologi dan membangun tenaga kerja masa depan untuk menghadapi ketidakpastian, gangguan yang tak terhindarkan, dan perubahan yang tidak pernah berakhir. Dengan demikian, transformasi digital di Indonesia dapat berhasil dan membawa manfaat bagi banyak pihak.


IBM menganggap bahwa dalam hal digitalisasi untuk industri di Indonesia, hybrid cloud dan kecerdasan buatan (AI) adalah dua kekuatan utama yang mendorong transformasi digital di semua sektor. Tanpa teknologi cloud dan AI, menurut IBM, tidak mungkin untuk mencapai tingkat kecepatan dan kelincahan yang diperlukan untuk tetap kompetitif dan berkembang.


IBM juga mengakui bahwa AI telah berkembang dari sekadar hype menjadi harapan yang sangat relevan di Indonesia, karena banyak perusahaan di Indonesia saat ini menggunakan AI untuk meningkatkan produktivitas, otomatisasi pekerjaan, menghemat biaya, dan mempercepat transformasi digital. IBM percaya bahwa satu-satunya cara untuk memahami jumlah data yang sangat besar adalah dengan menggunakan kecerdasan buatan.


IBM juga menilai bahwa pemerintah Indonesia telah merancang strategi AI nasional untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas serta mendukung sektor strategis seperti pertanian, energi efisiensi, keamanan siber, dan industri kreatif.


IBM percaya bahwa hybrid cloud dan AI adalah dua kekuatan teknologi paling dominan untuk mendorong transformasi digital. Kedua teknologi ini akan menentukan kecepatan perusahaan dalam memanfaatkan peluang pasar baru, efektivitas dalam melayani klien, dan kemampuan dalam meningkatkan skala operasional.


IBM menekankan bahwa pemerintah memainkan peran penting dalam mendorong transformasi digital dengan membuat kebijakan dan prioritas yang jelas untuk mendukung sektor swasta. Dukungan langsung untuk kemitraan publik-swasta diperlukan untuk fokus pada sumber daya Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital negara.


Sebagai perusahaan teknologi yang mendukung proses transformasi digital pelanggan, IBM berkomitmen untuk membantu bisnis Indonesia beroperasi secara lebih efisien, berkelanjutan, serta adil bagi masyarakat. IBM juga mengambil peran sebagai mitra teknologi terpercaya dalam merancang dan menerapkan teknologi, guna mempersiapkan bisnis Indonesia menghadapi tantangan dan peluang liberalisasi perdagangan dan globalisasi.


IBM juga menekankan bahwa pemimpin bisnis perlu bermitra dengan organisasi lain untuk memastikan bahwa pekerja mereka telah dilengkapi dengan keterampilan masa depan yang tepat. IBM menyarankan perusahaan untuk fokus pada memperkuat infrastruktur mereka dan memungkinkan transformasi bisnis, serta memilih platform teknologi yang tepat yang mampu mendukung bisnis mereka.

Post a Comment for "Kesempatan besar bagi Indonesia untuk melakukan transformasi digital"