Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google akan menghapus fitur YouTube Stories dan menghentikannya pada tanggal 26 Juni 2023!


Google akan menghapus fitur YouTube Stories


YouTube akan menghentikan fitur 'Stories' pada tanggal 26 Juni 2023 mendatang. Fitur ini mirip dengan Instagram Story dan WhatsApp Story dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018.

Semua kreator yang memiliki lebih dari 10.000 subscriber dapat menggunakan YouTube Story untuk berbagi momen dan terhubung dengan audiens mereka.

Pengumuman tentang penghapusan YouTube Story diumumkan melalui laman resmi Dukungan Google.

"Mulai 26 Juni 2023, opsi untuk membuat YouTube Story tidak akan lagi tersedia," kata laman tersebut, dikutip pada Jumat (26/5/2023).

Selanjutnya, para kreator yang mengunggah YouTube Stories pada tanggal 26 Juni masih dapat melihat konten mereka selama 7 hari ke depan.

Berbeda dengan Instagram dan WhatsApp yang hanya menampilkan konten Story selama 24 jam, YouTube memiliki jangka waktu yang lebih lama, yaitu 7 hari.

Selama ini, penggunaan YouTube Stories memang tidak terlalu populer. Hal ini disebabkan karena YouTube juga memiliki fitur 'Shorts' yang juga mengandalkan format video vertikal.

Perbedaannya, Shorts ditampilkan di timeline utama dan tidak akan dihapus secara otomatis oleh platform. Shorts lebih mirip dengan TikTok.

Sementara itu, YouTube Stories hanya dapat diakses melalui perangkat mobile, sedangkan pengguna desktop tidak dapat melihat konten yang dibagikan melalui fitur tersebut.

Cara untuk melihatnya sama seperti ketika mengakses Instagram dan WhatsApp Story, yaitu melalui profil YouTube.

Bersamaan dengan pengumuman penghentian YouTube Stories, platform berbagi video ini juga menawarkan alternatif. Pengguna diminta untuk lebih aktif menggunakan fitur Shorts dan 'Community Post'.

"YouTube Community Post adalah opsi terbaik ketika Anda ingin memberikan pembaruan kepada subscriber, memulai percakapan, atau mempromosikan konten," tulis di situs resmi.

YouTube Community Post mirip dengan Twitter dan Instagram. Anda dapat mengunggah foto, teks, polling, kuis, dan stiker.

YouTube juga melakukan pembaruan dengan menawarkan opsi konten selama 24 jam di Community Post. Selain itu, YouTube juga mendorong pengguna untuk mencoba Shorts.

"Jika Anda ingin membuat video pendek atau mencapai audiens yang lebih luas, Shorts adalah pilihan yang tepat," kata pengumuman tersebut.

"Bagi kreator yang menggunakan Shorts dan Stories, Shorts secara rata-rata lebih efektif dalam membantu pertumbuhan subscriber dibandingkan Stories," tambah keterangan tersebut.




Post a Comment for "Google akan menghapus fitur YouTube Stories dan menghentikannya pada tanggal 26 Juni 2023!"