Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AMD telah mengumumkan prosesor Ryzen 7040U yang diklaim dapat mengalahkan kinerja prosesor Apple dan Intel

Prosesor terbaru AMD Ryzen 7040U

AMD telah mengumumkan empat prosesor baru yang termasuk dalam lini Ryzen 7040U dengan arsitektur 'Zen 4' generasi terbaru dan iGPU berbasis RDNA3. Prosesor ini dirancang khusus untuk laptop tipis dan ringan, dan AMD mengklaim bahwa mereka lebih unggul daripada para pesaingnya seperti Apple dan Intel. Salah satu produk unggulan dalam lini ini adalah AMD Ryzen 7 7840U, yang dilengkapi dengan grafis Radeon 780M dan menggunakan arsitektur XDNA Ryzen AI. Namun, prosesor lainnya juga memiliki spesifikasi yang impresif.


Prosesor AMD Ryzen 7040U sebelumnya telah diluncurkan di CES awal tahun ini, tetapi spesifikasinya tidak diumumkan. Namun, AMD baru-baru ini mengungkapkan detail dari seri baru ini dengan nama kode "Phoenix". Seri ini terdiri dari empat jenis prosesor, yaitu Ryzen 7 7840U, Ryzen 5 7640U, Ryzen 5 7540U, dan Ryzen 3 7440U. Penamaan jenis prosesor tersebut menunjukkan bahwa TDP-nya berkisar antara 15 hingga 30 watt.


Keempat prosesor tersebut didukung oleh iGPU Radeon 780M berbasis RDNA3. AMD secara percaya diri membandingkan performa CPU Phoenix terbaik mereka, yaitu Ryzen 7 7840U, dengan Core i7-1360p berbasis Intel Raptor Lake. Hasilnya menunjukkan keunggulan kinerja mulai dari 29% hingga 128% di berbagai beban kerja. Selain itu, AMD juga mengklaim bahwa chip baru mereka ini 5% hingga 75% lebih cepat daripada Apple M2 yang terdapat di MacBook Pro 13 inci.


Chip baru dari AMD ini juga dilengkapi dengan AI Ryzen acceleration yang dapat membantu mengurangi beban kerja pada unit komputasi utama dengan menangani tugas-tugas tertentu. AMD menekankan peningkatan efisiensi yang bertujuan untuk memberikan daya baterai yang lebih tahan lama pada laptop. Meskipun belum ada perkiraan spesifik terkait daya tahan baterai tersebut. Beberapa pabrikan besar diperkirakan akan segera mengumumkan laptop yang menggunakan chip baru ini dalam beberapa minggu mendatang.

Post a Comment for "AMD telah mengumumkan prosesor Ryzen 7040U yang diklaim dapat mengalahkan kinerja prosesor Apple dan Intel"